Tips Melindungi Laptop Dari Virus Berbahaya


Pada dasarnya Laptop yang sekarang ada di tangan anda memiliki masalah yang sangat mendasar tanpa anda sadari sebelumnya. Masalah yang paling sering terjadi pada Laptop adalah serangan virus, mulai dari level bawah sampai virus dengan level ganas. Maka dari itu saya akan berbagi sedikit Tips Melindungi Laptop Dari Virus Berbahaya.

Lalu, apa yang menyebabkan sebua Laptop terkena Virus? Yah, pada dasarnya virus lebih banyak yang masuk melalu jaringan internet. Penjagaan pada saat kita surfing di internet terkadang di abaikan karena menurut banyak orang internet tidak membuat jalan untruk virus masuk namun, itu salah karena jaringan internet juga salah satu dari pengantar virus. 

Tetapi bukan hanya internet juga yang dapat mengantar virus. Banyak hal yang tanpa sengaja kita lakukan ternyata secara tidak sadar virus telah masuk ke dalam Laptop anda. Berikut ada beberapa tips yang saya rangkum dari berbagai sumber untuk melindungi Laptop anda dari serangan virus :

Install Software Antivirus
Tips melindungi laptop dari virus yang pertama yang yaitu installah software antivirus yang handal. Tidak harus yang berbayar, sebab cukup banyak antivirus yang gratis yang cukup handal seperti AVG ataupun Avira. Namun untuk perlindungan yang lebih baik, akan labih baik jika menggunakan antivirus yang berbayar. Jika Anda punya cukup dana untuk membeli antivirus, maka sebaiknya Anda menggunakan yang berbayar.


Perbaruilah Sistem Operasi
Update sistem operasi sangatlah penting untuk melindungi komputer atau laptop dari bermacam eksploitasi atau crack yang berbahaya. Sehingga, Anda haruslah dengan teratur menghidupkan update otomatis OS pada laptop anda.


Gunakanlah Online Antivirus Scanner
Berbeda dengansoftware Antivirus offline, Onlie Antivirus Scanner ini dipakai untuk diintegrasikan dengan layanan email memakai Pemindai antivirus Online untuk memeriksa apakah email Anda sudah menerima file yang mengandung virus dan malware.


Gunakanlah Firewall
Tips melindungi laptop dari virus yang berikutnya adalah dengan menggunakan firewall. Firewall sangatlah penting sebab berguna untuk menyaring serta memonitor data yang dikirim maupun diterima melalui internet


Gunakanlah Password yang kuat
Untuk melindungi laptop anda, gunakanlah password yang kuat. Usahakanlah untuk setiap account pengguna mempunyai password yang berlainan. Untuk melakukannya silahkanlah buka Control Panel > USer Account.


Memindai USB
USB ataupun flashdisk seringkali dipakai untuk transfer data antar laptop satu dengan laptop lain. Nah, ketika transfer tersebut, dikhawatirkan bisa membawa virus yang bisa berbahaya bagi laptop anda. Sehingga, janganlah lupa untuk selalu memindai USB anda.

Backup data dengan teratur
Backup data secara teratur diperlukan untuk mengantisipasi ahl-hal yang tak diinginkan. Anda dapat memanfaatkan Harddisk eksternal atau dengan memakai penyimpanan online Cloud dari DropBox ataupun RapidDrive.


Semoga Tips Melindungi Laptop Dari Virus Berbahaya ini dapat membantu untuk menjaga Laptop anda agar tetap sehat dan terhindar dari virus berbahaya.

11 komentar

Wah makasih infonya gan, setelah baca artikel ini saya jadi lebih protect sama laptop saya :D

Balas

Iya sama" sob..,
silahkan d jaga laptopnya dari virus.. agar ngeblog kita lancar tenang tanpa trganggu oleh virus ;)

Balas

Nice share sob

Jangan lupa kunjungan baliknya http://zolt-cyber.blogspot.com/

Balas

virus dimana-mana emang mengganggu ya sob, nggak di penyakit nggak di laptop juga ada.. untuk antivirus yg berbayar ngomong-ngomong mahal nggak tuh?

Balas

Pastinya jika antivirus itu dengan kualitas baik.. pasti mahal
saran sy saja mendingan pakai ESET atau Bitdefender karena ke 2 nya adalah antivirus yg hebat dan sudah terbukti :)

Balas

Oke sob, kalau saya Pakai antivirus sama deepfreeze aja..

Balas

Ia sob..
kalau deep freeze memang cocok di pakai untuk berjaga" :)

Balas

Sama" sob .. ^_^ semoga bermanfaat

Balas

gan ane mau tanya nih kok flashdisk temen data'a ilang mulu pas di scan pake smadav, tapi pas ga di scan malah ada.. itu virus apa ya? terus scan'a pake apa biar data'a ga ilang :)
makasih

Balas

Wah kalau tdk salah itu virus yg berbasis .VBS :-d dan itu sangat merugikan karena jika memasukkan sesuatu ke FD yg pada awalnya terbaca maka akan hilang atau mnjadi shorcut..
kalau sy dulu mengatasinya dengan antivirus Bitdefender :-bd

Balas

Berkomentarlah secara relevan dengan bahasa Indonesia yang baik dan berpikirlah sebagai makhluk sosial.